Rabu, 30 Desember 2009

OBAT SUSAH DALAM HIDUP


Masalah adalah tekanan. Setiap orang menghadapi banyak masalah dalam hidupnya. Tapi apakah setiap orang juga mampu beradaptasi dengan berbagai permasalahan tersebut ?!

Segala masalah yang kita alami, sebenarnya selalu sesuai dengan tingkat kedewasaan kita untuk bisa menyelesaikan permasalahan tu sendiri. Lalu kenapa begitu banyak manusia yang mengalami STRES akibat mengalami banyak masalah atau mengalami sebuah masalah yang begitu besar menurut perasaan dan pemahamannya ?!

Nah disitulah permasalahan yang sebenarnya. Terletak pada kata ”Perasaan & Pemahaman”

Inti dari sebuah permasalahan, baik itu masalah yang besar atau masalah yang kecil sekalipun, sebenarnya terletak pada ”Bagaimanaa cara kita merasakan dan memahami masalah tersebut !”

Jika masalah itu kita rasakan sebagai sesuatu yang dapat mengancam kehidupan kita, maka masalah tersebut akan semakain menekan kita.

Jika masalah itu kita rasakan sebagai sesuatu yang menantang fikiran dan kemampuan diri kita, maka masalah tersebut akan semakin memancing kita untuk menemukan solusi terbaiknya.

Jika masalah tersebut kita rasakan sebagai sebuah pelajaran berharga dalam hidup, maka kita akan benar2 berusaha mencari solusi yang bijaksana agar nilai2 penghargaan dari masalah tersebut dapat benar terserap dalam jaringan darah, otak, fikiran dan perasaan kita sendiri. Sehingga kita akan jauh dari tekanan dan benar2 akan menjadi sosok manusia yang mampu menghargai hidup. Sehingga nantinya kita akan mampu membentengi diri agar selalu jauh dari tekanan, maka kita juga berarti mampu mencegah dan proteksi diri dari berbagai penyakit seperti darah tinggi, stres, stroke, pingsan dsb.

Allah tidak akan memberikan penyakit kepada hambanya. Hanya hamba – Nya saja yang bandel dan berani menantang Allah melalui :

Giat belajar dan bekerja tapi tidak dibarengi dengan Ibadah kepada Allah.
Giat menolong ke sesama manusia, tapi karena berharap akan sesuatu dari orang2 yang di tolong tersebut. Seberapa sanggup sih orang2 tersebut dapat menolong kita sesuai dengan apa yang kita inginkan?!

Tapi Allah mampu menolong kita dalam segala hal. Mari belajar, bekerja dan berkarya karena Allah, sehingga Allah akan benar2 menolong dan menyayangi kita sebesar apaun yang kita inginkan, bahkan Allah akan membalasnya lebih ..... lebih ... dan lebih dari apa yang kita harapkan meskipun dari pintu yang tidak kita duga-duga.

“Sekiranya kalian benar-benar bertawakkal kepada ALLAH Swt dengan tawakkal yang sebenar-benarnya, sungguh kalian akan diberi rizqi (oleh ALLAH Swt), sebagaimana seekor burung diberi rizqi; ia pergi pagi hari dalam keadaan lapar, dan pulang di sore hari dalam keadaan kenyang.” (HR.Ahmad,Tirmidzi, dan Ibnu Majah)

JURUS JITU ATASI STRES

Perenggangan otot tubuh

ketika duduk atau berbaring dalam posisi yang santai, kencangkan otot kaki anda sebanyak mungkin dan lepaskan. Anda akan merasakan sensai yang melegakan di beberapa area otot kaki anda. Lakukan perenggangan yang ringan untuk seluruh otot di tubuh anda satu persatu. Fokus untuk di beberapa tempat seperti kaki, perut, punggung, leher, tangan, wajah dan kepala. Setelah selesai melakukan perenggangan di seluruh tubuh anda, biarkan tubuh anda tetap pada saat santai untuk beberapa menit.

Perenggangan dan memijat diri sendiri

Berlatihlah perenggangan sederhana, seperti perenggangan untuk leher, hanya dengan memutar kepala anda setengah lingkaran pada satu arah dan ke arah yang lain. Untuk perenggangan pada pundak anda hanya perlu mengangkat pundak anda sampai ketelinga dan lepaskan.
Masih merasa tegang? Anda tidak perlu mengandalkan orang lain untuk meminta di pijat. Ketika akan mandi atau sedang duduk santai, pijat salah satu sisi badan anda dengan tangan yang kebalikannya.


Tarik nafas dalam-dalam

Ketika duduk atau berbaring , tarik nafas dalam-dalam sehingga membuat perut anda mengembang. Keluar nafas secara perlahan dalam ditungan kelima dan bayangkan saja seluruh stress meninggalkan tubuh anda seiring dengan nafas yang anda keluarkan. Ulangi hal ini sebanyak 10 kali ketika anda merasa gelisah.


Berbicara pada seseorang

Habiskan waktu untuk berbicara dengan seseorang yang peduli dengan anda. Dengan mengekspesikan perasaan anda. Kita sering merasa tidak ingin membebankan orang dengan perasaan kita, tetapi pada kenyataannya, itu membuat beberapa orang merasa lebih baik untuk mendengarkan. Anda juga dapat mencoba untuk berbicara dengan cara yang berimbang. Anda dapat menghibur orang lain apabila mereka sedang merasa stress.


Tertawa atau menangis

Lakukan sesuatu yang dapat membuat anda tertawa. Tonton film komedi, baca buku lelucon atau habiskan waktu dengan teman yang suka bercanda atau lucu.
Menangis juga dapat menjadi sarana melepaskan ketegangan. Jika anda belum pernah menangis dalam beberapa waktu, coba anda mendengarkan lagu sedih, menonton film sedih, atau menulis mengenai pengalaman yang menyedihkan


Tidur yang cukup

Ketika anda tidak cukup tidur, maka tubuh anda akan menghasilkan hormone stress, yang membuat anda mudah terkena stress. Tetapi terlalu banyak tidur juga tidak baik. Kunci penting adalah untuk tidur secara seimbang, yang mana bagi beberapa seseorang tidur cukup selama 8 jam setiap malam.


Makan-makanan yang sehat

Makanan yang anda makan sangatlah penting. Penelitian menunjukan kalau orang yang memakan ikan seperti makarel, sarden, salmon dan tuna beberapa kali dalam seminggu mampu menurunkan tingkat stress mereka.
Ini semua dikarenakan ikan tersebut mengandung omega-3 yang dapat menenangkan tubuh. Apabila anda tidak suka dengan ikan, anda dapat menggantinya denfan telur, kenari atau pun plankton.

Olahraga

Olah raga merupakan pelepas stress yang ampuh. Tidak hanya untuk istirahat otot dan meningkatkan produksi kimia anti stress, penelitian juga menunjukan kalau orang yang sehat secara fisik dapat terhindar dari stress. Selain olah raga fisik anda juga dapat meditasi, tai chi atau chi-gong. Sumber:www.sentrajakarta.com